Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jenazah Pasien Covid-19 Diambil Paksa di Brebes, Dibawa Pakai Mobil Angkutan Umum

27.12.20 | Minggu, Desember 27, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2021-08-03T22:41:29Z



Brebes - Massa menggeruduk RSUD Brebes, Jawa Tengah untuk mengambil paksa jenazah pasien virus Corona atau COVID-19 hari ini. Jenazah itu kemudian dibawa menggunakan mobil angkutan umum.


"Jenazah dibawa dengan mobil angkutan umum. Tadi pas kejadian ada mobil angkutan umum membawa jenazah ini," ujar Kepala Bagian Umum RSUD Brebes, Wijayanto, kepada detikcom, Sabtu (26/12/2020).


Wijayanto mengaku tidak mengetahui asal mobil tersebut. Yang jelas, kata dia, mobil itu sudah ada saat jenazah hendak dibawa pulang.


"Setahu saya mobil itu sudah ada di belakang (pintu masuk ke kamar jenazah). Tidak tahu apakah dapat nyarter atau mencegat di jalanan," lanjutnya.


Dalam kesempatan ini, Wijayanto juga mengungkap ulah massa menyebabkan sejumlah kerusakan di RSUD Brebes. Tak hanya di lobi, massa juga merusak alat-alat yang ada di bangsal rumah sakit.


"Saat mereka masuk untuk ambil jenazah juga merusak alat-alat di bangsal. Semua sudah diinventarisir dan sudah kami laporkan," kata Wijayanto.


Diwawancara terpisah sebelumnya, Dirut RSUD Brebes Oo Suprana mengungkap pasien yang jenazahnya diambil paksa warga merupakan warga Kecamatan Wanasari Brebes. Pasien perempuan itu meninggal dunia pada pukul 03.00 WIB dini hari tadi dengan hasil tes swab positif virus Corona.


Keluarga pasien, kata Oo, lantas tidak terima atas keterangan rumah sakit. Dengan cepat kabar ini tersebar ke kerabat lain dan para tetangga pasien. Tidak lama, warga berbondong-bondong mendatangi RSUD Brebes.


Di depan RSUD, warga memaksa masuk untuk mengambil paksa jenazah. Aksi warga ini sempat dihadang oleh sejumlah petugas keamanan rumah sakit. Massa terus mendorong pintu utama hingga kaca pintu pecah. Di dalam RSUD, kata Oo, warga menuju lantai 5 Wijaya Kusuma untuk mengambil jenazah.


Pihak rumah sakit akhirnya menjemput kembali jenazah pasien tersebut dari rumah duka. Anggota dari Polres Brebes ikut mengamankan proses tersebut.


Sumber: Detik

×
Berita Terbaru Update