Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kasus Positif Covid-19 di Kecamatan Bumiayu Hampir 300 Orang

18.12.20 | Jumat, Desember 18, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2021-08-03T22:41:36Z



Brebes - Angka positif Covid-19 di Kecamatan Bumiayu, Brebes, hampir menyentuh 300 kasus. Hal ini disampaikan oleh Kepala Puskesmas Bumiayu dr Ali Budiarto, di sela-sela pemeriksaan swab 80 warga, Kamis (17/12).


“Sampai dengan Selasa (15/12), sudah ada 285 kasus Covid-19. Jumlah ini berasal dari wilayah kerja Puskesmas Bumiayu sebanyak 204 kasus dan Puskesmas Kaliwadas 81 kasus. Sedangkan rinciannya, 144 sembuh, 119 isolasi mandiri, 2 dirawat dan 17 meninggal dunia,” kata Ali.


Tingginya angka konfirmasi Covid-19 tersebut, kata Ali, salah satunya dipengaruhi oleh mobilitas warga yang relatif tinggi dengan tanpa dibarengi kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.”Kalau kita lihat, aktivitas masyarakat di pusat keramaian kota Bumiayu seperti pasar dan sepanjang Jalan Diponegoro itu cukup tinggi. Kondisinya relatif sama dengan sebelum ada pandemi,” ujarnya.


Selain meningkatkan risiko penularan Covid-19, tingginya mobilitas warga juga membuat laju penyebaran dan penularan virus corona semakin sulit dideteksi.”Kami kesulitan mendeteksi atau menemukan sumber penularan dalam satu klaster karena mobilitas warga yang tinggi,” kata dia.



Dengan kebanyakan pasien positif Covid-19 adalah orang tanpa gejala, Ali berharap pemkab dapat menyediakan tempat khusus untuk isolasi. Sebaliknya, masyarakat juga diharapkan bisa membatasi aktivitas di luar rumah untuk mengurangi risiko tertular virus corona.”Saya khawatir bila ini dibiarkan terus, akan terjadi ledakan jumlah pasien,” ujarnya.


Sementara itu, 80 warga yang menjalani pemeriksaan swab di Puskesmas Bumiayu merupakan orang yang memiliki kontak erat dengan pasien positif, maupun swab diagnosa atas permintaan dokter pemeriksa. Ali berharap, angka konfirmasi positif Covid-19 Kecamatan Bumiayu yang sudah mencapai 285 kasus menjadi peringatan bersama untuk benar-benar disiplin melaksanakan protokol kesehatan.


Sumber: Suaramerdeka

×
Berita Terbaru Update