Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Membuang Sampah ke Sungai Pemali Bisa Memicu Banjir dan Punahnya Ikan

2.2.22 | Rabu, Februari 02, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-02T06:49:19Z

 

Air merupakan kebutuhan pokok setiap manusia di manapun tempatnya. Oleh karenanya, manusia tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya air. Air selain digunakan untuk kebutuhan manusia, air juga digunakan untuk kebutuhan makhluk hidup lain, seperti hewan, tumbuhan, dan lain-lain.

Di antara banyaknya sumber air, salah satunya adalah sungai. Sungai menjadi sumber kehidupan bagi manusia khususnya yang ada di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) yang melewatinya.

Salah satu sungai yang ada di kabupaten Brebes adalah Sungai Pemali. Sungai yang konon katanya diambil dari kata Pepali yang berarti peringatan ini, merupakan sungai yang banyak dimanfaatkan untuk pengairan atau irigasi warga ke ladang ladangnya, serta menjadi tempat warga mencari ikan dari memancing, menjaring, ngregem ( Bahasa Jawa) juga banyak dimanfaatkan untuk tempat mandi warga sekitar aliran sungai Pemali.

Dari pentingnya peran sungai Pemali dalam kehidupan warga Brebes khususnya, tampak ironis ketika kita banyak menjumpai sampah di sekitaran sungai Pemali dari sampah organik maupun sampah non organik yang berasal dari sampah rumah tangga, maupun lainnya.

Hal ini biasanya disebabkan karena masih banyak warga yang masih membuang sampah di sungai Pemali. Dari perilaku warga yang membuang sampah sembarangan di sungai ini yang kalau dibiarkan akan menyebabkan dampak yang cukup menghawatirkan, dikutip dari berbagai sumber, akibat membuat sampah sembarangan di sungai mengakibatkan beberapa hal di antaranya :

1. Berkurangnya ketersediaan air bersih

Menyadur dari National Geographic, dari keseluruhan air bersih di dunia hanya satu persen yang bisa diakses dan digunakan seluruh umat manusia. Salah satu dari satu persen tersebut adalah sungai. Sehingga jika sungai tercemar sampah, ketersediaan air bersih juga berkurang.

2. Air menjadi kotor dan bau A

kibat pertama dari membuang sampah ke sungai adalah air sungai menjadi kotor dan bau.  Air yang sudah kotor karena sampah akan menjadi sarang penyakit dari timbulnya jentik jentik nyamuk penyebab malaria dan demam berdarah serta air yang sudah tercemar akan menimbulkan bau busuk yang mengganggu masyarakat sekitar sungai.

3. Sungai menjadi dangkal  

Sampah yang dibuang di sungai juga akan mengakibatkan pendangkalan sungai. Sampah sampah yang ada di sekitaran sungai akan mengendap ke dasar sungai, hal ini akan mengakibatkan sungai yang tadinya dalam akan berubah menjadi dangkal dan arus sungai yang seharusnya lancar akan terhambat dan akan meluap ke luar sungai.

4. Banjir

Membuang sampah ke sungai juga akan mengakibatkan banjir. Hal ini biasanya di sebabkan sungai mengalami pendangkalan dan ketika hujan deras datang volume air akan naik hal ini mengakibatkan sungai tidak bisa menampung air yang mengalir.

Akibatnya, air akan meluap dari sungai dan menciptakan banjir. Semakin deras hujan yang turun, maka semakin besar banjir yang terjadi.Banjir saja sudah menyebabkan kerugian jiwa maupun harta. Namun, banjir yang besar dapat memicu terjadinya longsor terutama di daerah bantaran sungai. Longsor yang terjadi akan semakin memperparah dampak buruk banjir.

5. Punahnya ikan

Selain akibat yang dirasakan oleh manusia, membuang sampah ke sungai juga bisa menggangu ekosistem sungai, salah satunya ikan. Ikan yang merupakan salah satu penghuni sungai akan merasa terusik ketika habitatnya terganggu, sungai yang kotor dan bau merupakan penyebabnya. Selain ikan akan sulit berkembang biak, ikan juga akan mati oleh kondisi air yang kotor tersebut.

Sungai pemali yang juga oleh sebagian orang dimanfaatkan untuk ladang mencari ikan, ketika sungai sudah kotor dan ikannya sudah sedikit, orang orang tersebut akan tergangu profesinya. Padahal dari penuturan orang tua dulu, sungai pemali sangat kaya akan ikan dan dengan ukuran yang cukup besar. Namun, sekarang sudah sekarang sebaliknya, selain sulit dicari juga kalau pun ada sebagian besar ukurannya kecil. Dari akibat akibat yang ditimbulkan dari membuang sampah di sungai di atas sebagian besar sudah kita rasakan di sungai Pemali.

Kami yang hidup di daerah termasuk hulu sungai pemali  sudah banyak menemukan sampah sekitar pinggiran sungai. Sudah dipastikan, ketika di daerah hulu saja sudah banyak sampah, pasti di muara lebih banyak. Ini juga akan menimbulkan masalah baru ketika sampah sampai ke laut.

Melihat dari masalah yang ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan di sungai, perlu kiranya kita sebagai masyarakat yang hidup di sekitar sungai Pemali khususnya untuk peduli sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai. Pasalnya, selain akibat jangka pendek yang ditimbulkan, juga akan mengakibatkan akibat jangka panjang terkhusus untuk keberlangsungan anak cucu kita ke depannya.

Kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai juga perlu sekiranya harus diimbangi oleh peraturan serius dari pemerintahan. Pemerintah desa maupun kabupaten harus mulai membuat larangan membuang sampah ke sungai serta penerapan sanksinya, diikuti peraturan lainnya.

Oleh: Abdul Mujib

 

×
Berita Terbaru Update