• Jelajahi

    Copyright © brebesraya.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Find Us On Facebook

    Iklan

    Kopi Brebes “Go International ”

    29 November 2022, 12:53 WIB
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     

    Brebesraya.com - Sebanyak 75 kilogram biji kopi mentah produksi Brebes diekspor ke Polandia. Ekspor perdana tersebut membuka jalan bagi produk lokal Brebes, menembus pasar mancanegara.

    Informasi tersebut disampaikan Ketua Klaster Kopi Brebes Fitriadi Prakoso alias Fiko, saat ditemui di rumah produksinya, Minggu, (27/11/2022). Ia berharap, pengiriman perdana tersebut bisa memicunya untuk terus berkarya di bidang perkopian, dan menginspirasi para pelaku usaha maupun petani kopi di Kabupaten Brebes.

    Menurutnya, pemasaran ke Polandia terbuka setelah kedai kopinya di Rest Area KM 260B kedatangan tamu dari Polandia, yakni Ayrton dan suaminya, pada September 2022. Pasangan tersebut beristirahat di kedainya setelah berwisata ke Dieng, Wonosobo.

    Diceritakan, Ayrton dan suaminya yang juga pengusaha kafe di Polandia, terpikat dengan kelezatan kopi Brebes. Mereka pun lantas meminta sampel untuk diuji di negaranya.

    Tak lama kemudian, lanjut Fiko, Ayrton dan suaminya memesan lebih banyak bahan biji kopi arabika Brebes pada Fiko, untuk diproses dan disajikan di kafe milik Ayrton di Polandia.

    “Alhamdulillah, saya sudah kirim 75 kilogram ke Ayrton di Polandia. Mudah-mudahan Ayrton tetap senang dengan kopi Brebesan, sehingga bisa terus berlanjut pengirimannya,” ungkapnya.

    Fiko menambahkan, dia terjun ke dunia kopi pada 2016 dengan membuka kedai Kopi Rong Tjangkir di Taman Juang 45 Brebes. Ia bahkan mendapat sertifikat sebagai Barista Kopi Nasional. Sejak Kedai Rong Tjangkir menempati rest area KM 260B Banjaratma Brebes pada 2021, Fiko menyajikan menu spesial kopi lokal Brebesan.

    Ditambahkan, untuk menjangkau pelayanan yang luas, Kedai Rong Tjangkir juga menerima pesanan lewat media sosial Instagram.

    Sekarang ini, bebernya, Kopi Brebes punya banyak ragamnya seperti Kopi Robusta yang berasal dari Salem, Cijambe, Kopi Capar, Kopi Dawuhan, Sirampog, juga Bumiayu. Untuk jenis Arabika, persebarannya paling banyak di Kecamatan Sirampog dan Paguyangan.

    “Saya ingin keberadaan kopi Brebesan semakin diterima semua kalangan, secara lambat laun akan besar dan meluas informasinya, hingga mancanegara,” harapnya.

    Terpisah, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Brebes, Zaenudin, menyambut baik rintisan ekspor biji kopi yang dilakukan Fiko. Ia berharap, kopi Brebes bisa go international secara berkelanjutan dengan nilai yang terus meningkat.

    “Kami sangat mendukung UMKM di Kabupaten Brebes untuk terus berkembang. Perwujudannya dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas produk, juga mampu memperluas dan memperkuat jaringan pemasaran,” pungkasnya. (jatengprov.go.id)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Tag Terpopuler