• Jelajahi

    Copyright © brebesraya.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Find Us On Facebook

    Iklan

    9 Desa di Brebes Kebanjiran, Puluhan Hektare Lahan Padi-Bawang Terendam

    02 Maret 2023, 20:36 WIB
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     

    Brebesraya.com - Sedikitnya 9 desa di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terendam banjir. Selain rumah, lahan pertanian padi dan bawang merah juga terkena dampak.

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Brebes mencatat, ada sembilan desa yang terkena banjir pada Kamis (2/3/2023). Desa desa itu tersebar di empat kecamatan.

    Di Kecamatan Brebes, desa yang terkena banjir adalah Lembarawa dan Kalimati. Kecamatan Larangan masing masing Desa Karangbale, Siandong, Kecamatan Songgom di Desa Dukuhmaja dan Jatirokeh, Kecamatan Jatibarang meliputi Kemiriamba, Bojong dan Rengas Bandung.

    "Semuanya ada sembilan desa yang terkena banjir hari ini. Desa-desa itu ada di empat Kecamatan, Brebes, Jatibarang, Songgom dan Larangan," ujar Sub Koordinator Kedaruratan BPBD Brebes, Rismanto.

    Sampai saat ini, BPBD Brebes masih terus melakukan pendataan di lokasi bencana. Rismanto meneruskan, belum diketahui secara pasti jumlah rumah yang terdampak.

    "Belum bisa diketahui, tapi bervariasi. Di Lembarawa itu yang terdampak 26 RT. Petugas masih melakukan pendataan," ucapnya.

    Menurut Riswanto, banjir di sembilan desa itu karena hujan deras yang mengguyur sejak Rabu sore hingga malam. Beberapa saluran dan sungai di Brebes tak bisa menampung air hujan dan meluap masuk rumah warga dan menggenangi sawah.

    Selain rumah, lahan pertanian padi dan bawang juga terendam. Di Desa Lembarawa misalnya, ada puluhan hektar lahan padi dan bawang yang tenggelam. Tanaman tanaman ini bahkan tidak terlihat pucuknya karena kedalaman air.

    Banjir di wilayah Brebes.Banjir di wilayah Brebes. Foto: Imam Suripto/detikJateng

    Kades Lembarawa, Oktavianto, mengatakan lahan pertanian yang terdampak banjir akan mati dalam waktu dekat. Karena tanaman itu terendam secara keseluruhan.

    "Sawah sawah di sini musnah semua, padi sama bawang. Ada tanaman yang hari ini dijadwalkan akan panen, ada yang kurang satu minggu panen," ungkap Oktavianto.

    Sementara itu warga yang terdampak banjir masih banyak yang mengandalkan bantuan. Mereka mengaku tidak bisa memasak sehingga hanya menunggu bantuan datang. Maka warga tampak langsung menyerbu saat ada bantuan datang.

    "Mau masak gimana, dapur terendam. Jadi hanya mengandalkan bantuan datang," ucap Rusmi (39) warga Lembarawa. detik.com (apl/sip)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Tag Terpopuler