• Jelajahi

    Copyright © brebesraya.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Find Us On Facebook

    Iklan

    Ganjar dan Sasakawa Peace Foundation Gagas Kerja Sama Kebencanaan dan Antiradikalisme

    15 Maret 2023, 19:49 WIB
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     

    Brebesraya.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggagas kerja sama terkait kebencanaan, kelautan hingga antiradikalisme dengan Presiden of The Sasakawa Peace Foundation (SPF) Atsushi Sunami.

    Ya, Atsushi Sunami berkunjung ke ke rumah dinas Ganjar, Rabu (15/3). Rupanya, meski sudah beberapa kali datang ke Indonesia, Sunami belum pernah berkunjung ke Jateng. Padahal, Sunami mengaku sangat penasaran dengan sosok Ganjar yang dinilainya sebagai pemimpin yang menjanjikan.

    “Saya sudah lama ingin berkunjung ke Jawa Tengah dan menemui Pak Ganjar, karena seperti yang kami ketahui dia adalah politisi dan pemimpin yang sangat menjanjikan di Indonesia saat ini,” kata Sunami.

    Meski baru kali pertama bertemu, Ganjar dan Sunami langsung bisa akrab. Apalagi, ternyata Sunami juga aktif sebagai dosen di National Graduate Institute for Policy Studies (Grips) Tokyo. Di kampus itu lah, istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh pernah mengenyam studi magisternya.

    Di pertemuan pertama itu, Ganjar dan Sunami pun langsung terlibat pembicaraan seru dan mendalam terkait berbagai isu, seperti kelautan hingga radikalisme.

    “Saya mendapatkan banyak diskusi mendalam hari ini, dan bagaimana kami bisa berkolaborasi dengan berbagai isu terkait di Jawa Tengah dan secara umum Indonesia,” ujar Sunami.

    Jalinan kerja sama antara SPF dan Pemerintah Indonesia sendiri menurut sebenarnya sudah berlangsung lama. Setalah kondisi pandemi Covid-19 berangsur pulih, kini banyak potensi kerjasama yang bisa dilakukan lagi.

    “Setelah Covid, akan banyak aktivitas yang kembali berjalan. Jadi kami ingin tahu secara pasti apa yang dapat kami lakukan bersama dengan Indonesia dan Jepang,” ujarnya.

    Sunami menyebut SPF bergerak dalam banyak bidang. Tak hanya tentang antiradikalisme dan pencegahan terorisme, Sunami menyebut pihaknya juga konsen pada isu kelautan khususnya ilegal fishing.

    “Kami punya kesamaan program, seperti perikanan yaitu melawan ilegal fishing dan juga kelautan termasuk juga berbincang tentang pengembangan energi dan isu-isu lainnya,” tandasnya.

    Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengaku senang dengan kunjungan Presiden SPF Atsushi Sunami. Ganjar mengatakan, SPF punya banyak pengalaman yang bagus khususnya terkait penanganan konflik di antaranya di Poso, Sulawesi.

    “Mereka ingin tahu juga bagaimana pengalaman kami menangani konflik, termasuk mengembalikan eks napiter ke masyarakat. Ada bahasa yang cukup bagus, jadi bukan deradikalisasi tapi repatriasi. Itu bahasa yang bagus untuk kita bicarakan,” paparnya.

    Lebih lanjut, Ganjar menyebut, banyak sekali potensi kerja sama yang bisa dikerjakan. Termasuk potensi kerja sama di bidang penanggulangan bencana.

    “Saya juga mem-propose kebencanaan karena pengalaman cukup banyak. Beliau mengundang saya untuk mengunjungi Jepang guna meningkatkan kerja sama. Tentu ini sebuah undangan yang sangat bagus, saya merasa terhormat dan kami sedang siapkan yang lebih detail lagi,” papar Ganjar. (radarsolo.jawapos.com)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Tag Terpopuler