• Jelajahi

    Copyright © brebesraya.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Find Us On Facebook

    Iklan

    Mengenal Penyakit Low Back Pain

    08 Maret 2023, 16:46 WIB
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     

    Brebesraya.com - Low back pain (LBP) mengacu pada nyeri yang berasal dari punggung bawah dan dapat menjalar ke kaki, terutama punggung dan sisi luar.

    Penyakit ini bisa sangat parah sehingga penderitanya mengalami kesulitan dalam setiap gerakan dan perlu istirahat dan pergi ke rumah sakit.

    Keluhan nyeri punggung bawah adalah yang kedua setelah sakit kepala. Di Amerika Serikat, lebih dari 80% populasi mengeluhkan nyeri punggung bawah, di negara kita angka ini bahkan lebih tinggi.

    Karena nyeri punggung bawah sebenarnya hanyalah gejala/gejala, maka yang terpenting adalah mencari  penyebabnya untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

    Pada dasarnya nyeri ini disebabkan oleh tekanan pada sistem saraf tepi tulang belakang lumbal (saraf terkompresi). Penekanan saraf ini dapat disebabkan oleh gangguan pada otot dan jaringan sekitarnya, gangguan pada saraf itu sendiri, kelainan pada tulang belakang, dan kelainan di tempat lain seperti infeksi atau batu ginjal dan lain-lain.

    Kejang otot (ketegangan otot) adalah penyebab paling umum dari LBP. Kejang ini bisa disebabkan oleh gerakan pinggang yang terlalu tiba-tiba atau berlebihan, yang melebihi kekuatan otot-otot tersebut. Selain itu, nyeri punggung bawah yang parah juga bisa disebabkan oleh pengapuran tulang belakang lumbar yang menyebabkan kompresi saraf.

    HNP (Hernia Nucleus Pulposus) yaitu nukleus pulposus, substansi di antara tulang belakang, baik langsung atau ke  kanan atau ke kiri, menekan sumsum tulang belakang atau serabut sarafnya, yang juga dapat menyebabkan nyeri punggung bawah, yang sangat baik. Ini terjadi akibat trauma/kecelakaan dan nyerinya bisa menjalar ke kaki kanan atau kiri (sciatica). Serta penyebab lain yang memerlukan perhatian yaitu tumor, infeksi, batu ginjal, dll juga dapat menyebabkan tekanan pada serabut saraf.

    Pengobatan yang paling baik adalah  menghilangkan sebab (penyebab), meskipun yang terpenting bagi yang mengalaminya adalah menghilangkan rasa nyeri (simptomatis).
     
    Pemeriksaan khusus seperti rontgen tulang belakang seperti scan, MRI dll terkadang diperlukan untuk mengetahui penyebab pastinya.

    Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah LBP, Anda harus rutin berolahraga dengan intensitas yang cukup dan menentukan gerakan yang sempurna. Hindari makanan yang tinggi lemak, asam urat dan lainnya untuk memperlambat  pengapuran tulang belakang. lebih baik berlebihan. Hiduplah di lingkungan yang sehat dengan udara yang bersih, hindari polusi yang berlebihan dan hidup normal tanpa stres. (Kris)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Tag Terpopuler