• Jelajahi

    Copyright © brebesraya.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Find Us On Facebook

    Iklan

    Apa Itu Gelombang Panas? Simak Penjelasannya Berikut Ini

    28 April 2023, 22:38 WIB
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Brebesraya.com - Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), heat wave alias gelombang panas merupakan sebuah periode cuaca di mana terjadi kenaikan suhu panas yang tidak biasa berlangsung selama setidaknya lima hari berturut-turut atau lebih.

    Hal tersebut merupakan batasan yang ditentukan oleh Badan Meteorologi Dunia atau WMO.

    Agar suatu fenomena cuaca dapat dikategorikan sebagai gelombang panas, lokasi tersebut harus mencatat suhu maksimum harian melebihi ambang batas statistik - misalnya 5 ॰C lebih panas - dari rata-rata klimatologis suhu maksimum.

    Jika suhu maksimum tersebut masih berada dalam rentang yang wajar dan tidak berlangsung lama maka kondisi tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai gelombang panas.

    Secara karakteristik fenomena, gelombang panas pada umumnya terjadi pada wilayah geografis yang memiliki atau berdekatan dengan daratan dengan luasan yang besar, atau wilayah kontinental atau sub-kontinental.

    Sementara, Indonesia terletak di wilayah ekuator, dengan kondisi geografis kepulauan yang dikelilingi perairan yang luas.

    Gelombang panas pada umumnya terjadi akibat pola cuaca system tekanan atmosfer tinggi di suatu wilayah dengan luas daratan besar yang terjadi secara berturut-turut setiap harinya.

    Dalam sistem tekanan tinggi tersebut, pergerakan udara dari atmosfer bagian atas menekan udara permukaan sehingga menjadi mampat dan suhu permukaan meningkat karena umpan balik positif antara massa daratan dan atmosfer.

    Pusat tekanan atmosfer tinggi ini menyulitkan aliran udara dari daerah lain mengalir masuk ke area tersebut.

    Semakin lama sistem tekanan tinggi berkembang di suatu area akibat umpan balik tersebut, maka semakin panas suhu di area tersebut.

    Sumber BBC
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Tag Terpopuler