• Jelajahi

    Copyright © brebesraya.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Find Us On Facebook

    Iklan

    Tata Cara Shalat Taubat

    02 April 2023, 13:19 WIB
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     


    Shalat Taubat atau Shalat Hajat merupakan shalat sunnah yang dilakukan sebagai ungkapan penyesalan dan permohonan ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah cara melaksanakan Shalat Taubat:

    1. Waktu pelaksanaan Shalat Taubat dapat dilakukan kapan saja, baik pada siang hari maupun malam hari, kecuali pada waktu-waktu yang diharamkan untuk melakukan shalat, seperti pada waktu terbit matahari, saat matahari di tengah langit, dan pada waktu terbenam matahari.

    2. Berwudhu Sebelum melaksanakan shalat taubat, lakukanlah wudhu terlebih dahulu seperti halnya melakukan shalat fardhu.

    3. Niat Shalat Taubat Saat berdiri menghadap kiblat, niatkanlah dalam hati untuk melaksanakan shalat taubat karena Allah SWT semata.

    4. Melakukan Shalat Sunnah Dua Rakaat Shalat taubat dilakukan dengan cara melakukan shalat sunnah dua rakaat. Pada rakaat pertama, bacalah Surah Al-Fatihah dan surah pilihan secara lengkap, lalu ruku dan sujud seperti biasa. Pada rakaat kedua, bacalah Surah Al-Fatihah dan surah pilihan secara lengkap, kemudian ruku dan sujud seperti biasa. Setelah sujud terakhir, bacalah doa taubat secara khusyuk dan tawadhu’.

    5. Membaca Doa Taubat Setelah selesai melaksanakan shalat, bacalah doa taubat dengan penuh kesungguhan dan kerendahan hati.

      Berikut ini adalah salah satu doa taubat yang bisa diamalkan:

      أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلَـٰهَ إِلَّا ٱللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي كُلَّهُ، دِقَّهُ وَجِلَّهُ وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ وَعَلَانِيَتَهُ وَسِرَّهُ. اللَّهُمَّ إِنِّي أَتُوبُ إِلَيْكَ مِنْ جَمِيعِ الذُّنُوبِ، فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ.

      Artinya: "Aku bersaksi bahwasanya tidak ada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, ampunilah segala dosaku, baik yang besar maupun yang kecil, yang pertama maupun yang terakhir, yang nampak maupun yang tersembunyi. Ya Allah, aku bertaubat kepada-Mu dari segala dosa, maka ampunilah aku, karena tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau. Dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung."

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Tag Terpopuler