• Jelajahi

    Copyright © brebesraya.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Find Us On Facebook

    Iklan

    Cimplung Makanan Khas Brebes Wilayah Selatan, Gurih dan Legit

    20 Desember 2020, 11:09 WIB
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    Joglo Brebes - Cimplung merupakan kuliner yang banyak terdapat di daerah dataran tinggi yang banyak pohon kelapa dan kebon singkong. Cimplung bukan Cumplung (literan beras) apalagi Kecemplung (jatuh kecebur dalam air). Kudapan yang manis,  gurih dan lezat biasanya disuguhkan bersama kopi atau teh. 


    Kita mengenal Cimplung ada dua yaitu dari singkong dan kelapa. Kedua-duanya punya kenikmatan yang berbeda,  kalau singkong lebih mengeyangkan sangat cocok untuk diet. Sedangkan kelapa lebih gurih,  renyah dan mirip gula kelapa tetapi basah. 


    Proses pembuatan cimplung sebenarnya sangat sederhana dan tidak rumit. Cukup sediakan singkong atau kelapa yang agak muda sesuai dengan keinginan kita. Siapkan air secukupnya,  gula merah atau nira dan daun pandan. 


    Mengapa menggunakan nira karena rasanya lebih segar dan nikmat,  tetapi kalau tidak ada bisa diganti gula merah. Rebus semuanya aduk jangan sampai gosong dan masak sampai air nira coklat dan mengental. Angkat dan diamkan sampai dingin,  nikmati dengan meminum teh atau kopi. Wangi bau nira dan pandan akan menambah nikmat cimplung yang kita bikin. 


    Sumber: kompasiana.com/bangauky

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Tag Terpopuler