Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Warga Papua Gelar Pawai Pengibaran Bendera Israel? Ini Faktanya

21.5.21 | Jumat, Mei 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-08-03T22:41:25Z

Brebesraya.com - Warga Papua disebut menggelar pawai pengibaran bendera Israel, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Palestina dan Israel.

Berikut narasi yang dibagikan pengguna Twitter dengan 1.035 pengikut itu:

"Pawai rakyat Papua di Jayapura mengibarkan bendera negara Israel. Ternyata Zionist penjajah tanah Palestina telah mendapat dukungan sebagian kecil rakyat di ujung timur Indonesia".

Dalam unggahan pada 16 Mei 2021 tersebut, tersemat pula sebuah video sepanjang 45 detik, menampilkan sebuah truk kuning berisi sejumlah orang yang mengibarkan bendera Israel.

Lantas, benarkah Warga Papua baru-baru ini menggelar pawai pengibaran bendera Israel?

Penjelasan:
Peristiwa yang terekam dalam video berdurasi 45 detik tersebut diketahui merupakan kejadian pada 2018, bukan baru-baru ini.

Berdasarkan penelusuran ANTARA, tangkapan layar yang memuat konvoi bendera Israel itu dapat ditemukan pada artikel berita berjudul "Konvoi Bendera Israel di Jayapura Dilakukan Komunitas Sion Kids" yang disiarkan pada 18 Mei 2018.

Mengacu Detik, Irjen Boy Rafli yang saat itu menjadi Kapolda Papua menyampaikan konvoi massa tersebut dilakukan oleh Komunitas Sion Kids Center of Papua.

Meski demikian, kegiatan itu tak terkait politik ataupun dukungan ke Israel.

Boy mengatakan iring-iringan tersebut merupakan tradisi peringatan budaya bangsa Israel, karena ada kedekatan di antara tokoh-tokoh agama di masa lalu. 

Sumber: antaranews

×
Berita Terbaru Update