• Jelajahi

    Copyright © brebesraya.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Find Us On Facebook

    Iklan

    Mengungkap Misteri 'Sundanya Jawa Tengah' di Banjarharjo, Brebes

    04 November 2023, 20:50 WIB
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     

    Waduk Malahayu, Kecamatan Banjarharjo
     

    Brebesraya.com - Selamat datang di Kecamatan Banjarharjo di Brebes, yang seringkali disebut sebagai "Sundanya Jawa Tengah." Apa yang membuat tempat ini begitu istimewa? Tentu saja, kita harus melihat keberadaan suku Sunda yang mendiami wilayah ini.

    Banjarharjo adalah salah satu kecamatan yang terletak di sebelah barat Kabupaten Brebes, dengan jarak sekitar 47 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Brebes. Luas wilayah Kecamatan Banjarharjo mencapai 162,12 kilometer persegi. Namun, hal yang benar-benar menarik perhatian adalah keberagaman dan kaya akan budaya di sini.

    Kecamatan Banjarharjo di Brebes dikenal sebagai "Sundanya Jawa Tengah" karena memiliki 25 desa yang sangat kental dengan pengaruh budaya Sunda.

    Nama-nama desa tersebut sangat menggambarkan akar budaya Sunda yang kuat di wilayah ini. Dari Banjarharjo, Banjarlor, hingga Cibuniwangi, semuanya mencerminkan kekayaan bahasa dan tradisi Sunda.

    Bahkan, bahasa Sunda masih menjadi bahasa sehari-hari bagi sebagian besar penduduk di sini, sehingga Anda dapat dengan mudah merasakan atmosfer khas Sunda.

    BACA JUGA : Waspada! 7 Warga Brebes Meninggal Dunia Akibat Demam Berdarah

    Namun, ada satu pengecualian menarik di tengah budaya Sunda yang dominan. Desa Cimunding, meskipun berada dalam kecamatan yang sama, tidak menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa utama mereka. Itu menambahkan sentuhan unik pada keberagaman bahasa dan budaya di Kecamatan Banjarharjo.

    Jadi, jika Anda ingin merasakan kehangatan dan keindahan budaya Sunda di tengah Jawa Tengah, Banjarharjo adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi.

    Dari bahasa hingga tradisi dan keindahan alamnya, Anda akan menemukan segalanya di sini. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi dan menikmati pesona "Sundanya Jawa Tengah" di Kecamatan Banjarharjo!

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Tag Terpopuler