• Jelajahi

    Copyright © brebesraya.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Find Us On Facebook

    Iklan

    Transparansi dan Rincian Alokasi Anggaran Polres Brebes Tahun 2024

    05 November 2023, 19:35 WIB
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     

    Brebesraya.com - baru-baru ini, Polres Brebes menggelar acara sosialisasi terkait alokasi anggaran tahun 2024 di aula Tantya Sudhirajati.

    Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan Forkopimda Kabupaten Brebes, tokoh agama, masyarakat, media, organisasi masyarakat sipil, serta seluruh pejabat utama (PJU) di lingkungan Mapolres Brebes, termasuk 17 Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek).

    Dalam acara tersebut, Tim Asistensi dari Biro Perencanaan Polda Jawa Tengah memimpin dalam memberikan penjelasan mengenai alokasi anggaran.

    Ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan transparansi dan memastikan bahwa alokasi anggaran dipahami dengan baik oleh semua pihak yang terlibat.

    Kabagren Polres Brebes, Kompol Wagito, yang mewakili Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq, menjelaskan bahwa sosialisasi alokasi anggaran merupakan agenda tahunan Polres Brebes.

    Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa para pengguna anggaran, baik di tingkat bagian, satuan, seksi, SPKT, dan 17 Polsek jajaran, memahami dengan baik alokasi anggaran yang telah ditetapkan.

    Alokasi anggaran Polres Brebes tahun 2024 mencapai Rp 78.743.300.000, meningkat sebesar 1,02 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Alokasi anggaran ini akan digunakan untuk mendukung berbagai kegiatan Polres Brebes.

    Secara rinci, sumber anggaran murni mencapai Rp 74.690.974.000, sementara Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp 4.052.236.000. Alokasi anggaran ini akan digunakan untuk belanja pegawai (gaji) sebesar Rp 54.927.703.000 dan belanja barang sebesar Rp 23.815.597.000.

    Dalam alokasi anggaran tahun 2024, terdapat pengurangan anggaran pada insentif tilang, seiring dengan kebijakan tidak lagi melakukan tilang manual.

    Pengurangan anggaran juga terjadi pada Operasi Mantap Brata 2024, yang mengalami penurunan sebesar Rp 997.999.000 dibandingkan dengan tahun sebelumnya, hal ini disesuaikan dengan tahapan Pemilu.

    Selain itu, terdapat kebijakan baru dalam alokasi anggaran tahun 2024, yaitu kenaikan gaji pokok sebesar 8 persen. Anggaran baru juga dialokasikan untuk bidang SDM sebesar Rp 17.500.000 untuk penerimaan Bintara baru Polri.

    Kenaikan anggaran juga terjadi dalam hal konsumsi makan dan perawatan tahanan, yang meningkat dari 34 orang menjadi 41 orang. Terdapat pula peningkatan anggaran langganan listrik RM, dari Rp 752.262.000 menjadi Rp 900 juta, karena adanya hibah gedung baru dari Pemkab Brebes.

    Alokasi anggaran Polres Brebes tahun 2024 juga mengalami kenaikan dan pengurangan pada berbagai satuan kerja, termasuk 17 Kepala Kepolisian Sektor, yang akan mendukung pengamanan Pemilu.

    Sosialisasi alokasi anggaran Polres Brebes merupakan langkah penting dalam mewujudkan transparansi dan pertanggungjawaban dalam pengelolaan anggaran dan pemerintahan yang baik (Good Governance).

    Kesadaran akan alokasi anggaran ini diharapkan dapat membantu mencapai hasil yang maksimal dalam mendukung tugas Kepolisian dan memenuhi harapan masyarakat.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Tag Terpopuler

    Nasional

    +